Kementrian Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiwa ( BEM KM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula menyelenggarakan Dentistry Art Week 2022 dalam tajuk “How to Create Your Own Future to Be Professional Dentist” pada, Sabtu (22/10/22) bertempat di Ball Room Hotel Grasia.

 

Musik dan perlombaan pada pra-acara sebagai saluran edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk menumbuhkan awareness mahasiwa Unissula serta masyarakat umum.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, permasalahan gigi dan mulut di Indonesia cukup tinggi yaitu 57,6%. Selain data tersebut, ditemukan bahwa permasalahan gigi dan mulut di Kota Semarang menurut Riskesdas tahun 2018 adalah 37,2%. Namun, dari keseluruhan kasus permasalahan gigi dan mulut, 93,86% tidak melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. 

Hal ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran warga mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal gigi dan mulut memiliki beragam fungsi yang digunakan sehari – hari seperti mengunyah, menggigit, berbicara, dan tersenyum. Apabila terjadi gangguan pada kondisi gigi dan mulut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, sehingga mengganggu aktivitas sehari – hari.

Oleh karena itu, upaya promotif Dentistry Art Week melalui edukasi perlu dilakukan untuk menyadarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.  Serta diharapkan melalui acara tersebut dapat meningkatkan

Leave a reply