You are here

Afdokgi laksanakan pengabdian masyarakat di desa binaan UNISSULA

E-mail Print PDF

Hari Senin, 11 September 2017 lalu, FKG Unissula bermitra dengan PT. Unilever, Tbk., dan Cobra Dental Indonesia, menyelenggarakan pengabdian masyarakat di SD Negeri Batur III, dusun Selongisor, desa Batur, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang. Desa Batur merupakan salah satu desa binaan Unissula yang terletak di kaki gunung Merbabu, serta telah menjadi pusat percontohan kebun sayuran organik Nasional yang hasilnya telah diekspor hingga ke Malaysia dan Singapura.

“Karena aksesnya yang relatif sulit untuk dijangkau, serta kemampuan masyarakat untuk mendapatkan layanan perawatan gigi dan mulut yang terbatas, maka Kami berinisiatif untuk melakukan bakti sosial di Desa Batur. Dan momentum ini menjadi spesial karena diikuti oleh Dekan FKG seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).”, drg. Suryono, SH., MM., Phd., selaku Dekan FKG Unissula menyampaikan dalam sambutannya.

Seluruh siswa SD Negeri Batur III, kelas 1 hingga kelas 6, masing-masing mengikuti penyuluhan di kelas oleh para Dekan yang ditunjuk.  Selain mengedukasi bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, bapak ibu Dekan juga mendemonstrasikan cara menggosok gigi yang benar, dengan gaya dan bahasa yang menarik bagi siswa. Seluruh siswa tampak antusias dan aktif selama penyuluhan berlangsung.

Siswa kelas 4 hingga kelas 6 selanjutnya mendapatkan perawatan fissure sealant, yang bertujuan untuk meminimalisir resiko terjadinya lubang pada gigi-gigi belakang yang memiliki fisur dalam. “Total siswa yang mendapatkan penyuluhan dan tindakan pada baksos kali ini sejumlah 157 anak. Harapan Kami, program ini bisa berlanjut dan terlaksana secara periodik, sehingga berhasil merubah perilaku siswa dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengurangi resiko berlubang pada gigi permanen anak-anak”, harapan Dekan FKG Unissula disampaikan kepada Kepala Sekolah SD Batur III, Muson, SPd., sekaligus berpamitan untuk kembali ke Semarang bersama rombongan. (ARiz)