You are here

FKG Unissula Baksos di Lombok

E-mail Print PDF

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula kembali melaksanakan baksos akbar pada 3-4 Maret 2017 lalu. Kali ini, baksos tahunan FKG diselenggarakan di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Selain mendapatkan support penuh dari Universitas Islam Sultan Agung, kegiatan baksos bertajuk Wujudkan Masyarakat Sehat menuju Lombok Sejahtera ini juga terselenggara atas kerjasama dgn Pemerintah Daerah Lombok Timur, Dinas Kesehatan, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Lombok Timur, Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi, serta Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Bupati Lombok Timur, Ali bin Dahlan, beserta jajarannya, berkenan menerima rombongan FKG Unissula di Kantor Bupati, pada Kamis, 2 Maret 2017. Didampingi oleh Sekretaris Daerah dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, bapak Bupati menyampaikan apresisasi dan rasa terimakasih atas dipilihnya Lombok Timur sebagai daerah tujuan baksos FKG Unissula. Beliau juga menyampaikan bahwa masih terdapat kekosongan pada formasi dokter gigi di beberapa puskesmas, sehingga beliau berharap, lulusan Unissula bersedia mengabdikan diri di Lombok Timur.

 

Kegiatan baksos yang dilaksanakan di kaki gunung Rinjani ini, diikuti oleh seluruh dosen, karyawan serta mahasiswa FKG Unissula. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, penambalan dan pencabutan gigi, serta tindakan pencegahan terhadap gigi berlubang, menjadi program utama dalam kegiatan baksos, selain penyuluhan aturan penggunaan obat dan  bazar sembako murah yang juga dilaksanakan sebagai program penunjang. Antusiasme masyarakat sangat terlihat dalam kegiatan baksos kali ini. Total hampir 300 warga masyarakat mendapatkan perawatan gigi dan mulut, dan sebanyak 150 paket sembako murah habis terjual. Seluruh dana hasil penjualan bazar murah juga disumbangkan sebagai infaq pengembangan bagi salah satu masjid di wilayah Kecamatan Sembalun.

 

Tidak hanya itu, pada akhir acara juga dilakukan penandatanganan naskah kerjasama (MoU) antara FKG Unissula masing-masing dengan Fakultas Kesehatan Unhamzanwadi, Dinas Kesehatan Lombok Timur dan PDGI Cabang Lombok Timur. Dekan FKG Unissula, Drg. Suryono, SH., MM., PhD berharap bahwa program baksos kali ini menjadi awal dari perwujudan kerjasama yang baik dengan beberapa instansi di kabupaten Lombok Timur. Beliau juga mengajak kepada para putra daerah untuk melanjutkan pendidikan di FKG Unissula, dan kelak kembali ke daerah asal untuk mengabdikan diri, sehingga dapat menjadi solusi permasalahan kurangnya tenaga dokter gigi, khususnya di kabupaten Lombok Timur.

Senyum sehat, senyum Indonesia!!