You are here

Management Pencabutan Gigi Anak

E-mail Print PDF

Kita setuju bahwa salah satu hal penting untuk management prilaku pada anak adalah bagaimana kita dapat mengkontrol rasa sakit terutama pada saat pencabutan gigi anak. Perlunya kunjungan berulang pada anak ternyata dapat mengurangi ketidaknyamanan pada saat dilakukan pencabutan gigi. Dalam hal mengurangi ketidaknyamanan dapat dilakukan dengan  penggunaan topical aplikasi sebelum dilakukan pencabutan gigi. Sediaan Topical aplikasi bisa terbuat dari gel, liquid, ointment dan spray, tetapi pada prakteknya banyak dokter gigi yang lebih menggunakan topical aplikasi gel, liquid, ointment karena sifatnya yang short acting.

Pencabutan gigi anak bisa dimulai dengan terlebih dahulu menggunakan metode pendekatan baik itu metode tell sho do, metode distraction, metode modeling DLL. Penggunaan metode tidaklah sama diterapkan pada masing-masing  anak. Beberapa anak cocok untuk metode tell show do dan metode modeling tetapi yang lain tidak, factor kematangan EQ dan IQ juga berpengaruh.  Penggunaan kat “sakit” perlu kita tekannkan pada anak, karena rasa sakit lebih bisa diterima oleh anak dibandingkan dengan anak tersugesti bahwa cabut gigi tidak sakit.

Pengalaman cabut pada anak-anak terutama pada kunjungan pertama sangatlah penting, mengingat kunjungan pertama kita bisa merubah persepsi anak dari yang tidak kooperatif menjadi kooperatif dan yang takut terhadap perawatan dokter gigi akan menjadi tidak takut lagi. Sangat memprihatinkan jika dokter gigi pada kunjungan pertama memberikan efek rasa sakit yang berlebihan sehingga membuat anak tidak bisa menyelesaikan dalam perawatan gigi,  yang akibatnya berbagai macam keluhan timbul dan tidak bisa untuk dilakukan suatu tindakan.

Metode pencabutan dalam mengurangi rasa sakit bermacam, yang paling penting adalah teknik anestesi. Prinsip  anetesi tidak jauh berbeda dengan teknik anestesi pada orang dewasa, tetapi pada anak-anak terdapat sedikit modifikasi pada waktu injeksi ke jaringan. Dalam mengurangi rasa sakit teknik injeksi difokuskan pada daerah labial dan dilanjutkan ke palatal/lingual dengan melaui interdental. Penggunaaan citoject dapat  digunakan karena penetrasi ke jaringan sangat kecil sehingga trauma jaringan dapat dikurangi yang akibatnya dapat mengurangi rasa sakit pada waktu prosedur anaestesi.

Management rasa sakit pada anak sangatlah penting terutama pada saat pencabutan gigi, dengan management yang bagus akan didapatkan hasil yang optimal sehingga anak akan memperoleh perawatan yang optimal dengan sedikit trauma. Penguasaan metode pendekatan pada anak dan prosedur anestesi serta teknik pencabutan juga memegang peranan penting untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Oleh : Drg sandy christiono SpKGA

Staf Pengajar FKG UNISSULA-Semarang

* Diambil dari berbagai macam Sumber

Poster Jurnal Fissure Sealant Interface Microleakage Using One step Adhesives

E-mail Print PDF

Page 42 of 49