You are here

Pentingnya Kesehatan Gigi Anak Pada Usia Dini

E-mail Print PDF

 

Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi secara dini adalah sangat penting, mengingat banyak anak dengan tingkat frekwensi karies atau lubang yang cukup tinggimasih banyak yang belum tertangani. Kelainan pada rongga mulut dapat dideteksi sedini mungkin sehingga dapat dilakukan suatu perawatan sederhana yang memungkinkan anak dapat menerima perawatan gigi. Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi anak sejak dini merupakan sesuatu hal yang kadang-kadang menimbulkan rasa kekhawatiran pada setiap ibu. Para ibu mempunyai kekhawatiran bagaimana cara mempersiapkan pada saat kunjungan pertama untuk perawatan gigi. Dalam perawatan ke dokter gigi seharusnya anak sudah mulai dikenalkan kepada dokter gigi, perawat gigi dan lingkungan di sekitar ruang pemeriksaan gigi. Anak sudah bisa dikenalkan perawatan gigi pada usia 18 bulan dan dapat dilakukan perawatan pada usia 2-3 tahun dengan harapan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak bisa lebih terjaga dan termonitor. Selain itu para ibu juga merasakan kekhawatiran apabila telah melihat ada kelainan pada gigi anaknya. Rasa khawatir tersebut dapat ditanggulangi dengan cara mempersiapkan para ibu dalam mengambil langkah-langkah apa yang dapat dilakukan di dalam mengenalkan perawatan gigi pada anaknya serta menambah pengetahuan para ibu mengenai kelainan-kelainan pada gigi dan mulut anak yang sering ditemukan. Mulut merupakan pintu gerbang pertama di dalam sistem pencernaan. Makanan dan minuman akan diproses di dalam mulut dengan bantuan gigi-geligi, lidah, dan saliva. Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan. Mulut bukan sekedar untuk pintu masuknya makanan dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan tidak banyak orang menyadari besarnya peranan mulut bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam mengurangi frekwensi karies gigi. Kecenderungan para ibu pada umumnya datang ke dokter gigi membawa anaknya pada kondisi sakit dan rewel sehingga akan menyulitkan dalam melakukan tindakan perawatan gigi.
Kunjungan pertama adalah hal yang paling penting untuk dilakukan karena pada umumnya kunjungan pertama pada umumnya anak lebih dapat menerima perawatan gigi. Dan seharusnya dalam kunjungan pertama ke dokter gigi anak harus selalu didampingi orang tua. Trauma perawatan sebelumnya akan lebih menyulitkan perawatan gigi lanjutan. Tugas utama dokter gigi anak adalah merubah pola prilaku anak yang pada awalnya takut akan perawatan gigi akan menjadi sesuatu hal yang menarik sehingga didapatkan kesehatan gigi yang optimal terutama pada anak.
Instruksi pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut di rumah telah banyak disusun oleh para ahli. Program tersebut menekankan pada pencegahan terjadinya karies. Oleh karena masih banyak para orang tua yang beranggapan bahwa geligi susu hanya sementara dan akan diganti oleh geligi tetap sehingga mereka tidak memperhatikan mengenai kebersihan geligi susu. Penerapan instruksi pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya telah dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan, sehingga orang tua akan lebih siap di dalam melakukan instruksi tersebut.
Peran serta orang tua sangat diperlukan di dalam membimbing, memberikan pengertian, mengingatkan, dan menyediakan fasilitas kepada anak agar anak dapat memelihara kebersihan gigi dan mulutnya. Selain itu orang tua juga mempunyai peran yang cukup besar di dalam mencegah terjadinya akumulasi plak dan terjadinya karies pada anak. Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya perilaku yang mendukung atau tidak mendukung kebersihan gigi dan mulut anak. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh secara alami maupun secara terencana yaitu melalui proses pendidikan. Orang tua dengan pengetahuan rendah mengenai kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor predisposisi dari perilaku yang tidak mendukung kesehatan gigi dan mulut anak. Proses pelaksanaan instruksi kebersihan gigi dan mulut membutuhkan serangkaian proses yang dapat dimulai dengan mengajarkan orangtua atau pengasuh. Teknik penerapan upaya ini sesuai dengan perkembangan kemampuan motorik dan kecerdasan anak. Berbagai sikap dan perilaku anak akan muncul pada saat dimulainya proses ini. Namun demikian anak akan mudah menyesuaikan apabila telah terjalin komunikasi yang interaktif antara anak dengan orang tua atau pengasuh. Prilaku merupakan suatu aktifitas manusia yang sangat mempengaruhi pola hidup yang akan dijalaninya. Proses pembentukan prilaku yang diharapkan memerlukan waktu serta kemampuan dari para orangtua di dalam mengajarkan anak. Oleh karena itu bila pola hidup yang dijalaninya merupakan pola hidup yang sehat maka perilaku yang akan diterapkan di dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut pun merupakan pola hidup yang sehat.

Oleh :
Sandy Christiono, drg., Sp. KGA.
Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA

Disajikan pada Seminar Sehari Festival Gigi Sehat dan Senyum indah Minggu, 17 Juli 2011 di Gedung LT 2 RSISA Semarang

Kuliah Umum Mahasiswa Kedokteran Gigi UNISSULA " Herbal Medicine in Dentistry"

E-mail Print PDF

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNISSULA sudah menginjak tahun ke 4 dan dalam perkembangannya Fakultas berusaha untuk terus  mengembangkan Ilmu pengetahuan di bidang kedokteran Gigi. Ilmu pengetahuan kedokteran gigi terutama dalam hal pengetahuan bidang  bahan alam. mulai dikenalkan kepada mahasiswa kedokteran gigi UNISSULA sebagai bahan yang mulai dipakai dalam ilmu kedokteran gigi.  Menyikapi hal tersebut Fakultas Kedokteran Gigi mengadakan kuliah umum tentang "Bahan Alam di Bidang Kedokteran Gigi" yang  dipresentasikan Oleh Prof.Dr.Drg.Melanie Djamil, M.Biomed. dan diikuti oleh semua angkatan mahasiswa FKG. Acara dibuka oleh Dekan  FKG yang menjelaskan tentang Visi dan Misi fakultas dan dilanjutkan oleh pemaparan Prof Melanie yang menjelaskan bahwa banyak sekali bahan disekitar kita yang dapat digunakan sebagai bahan di Kedokteran Gigi, selain menjelaskan bahan juga dijelaskan tentang Ethico Legal System dan professionalisme dibidang kedokteran Gigi terutama untuk skliil.

Page 42 of 45