You are here

Tim MIMOYA-WiFi, Raih Prestasi di PIMNAS 30 Makassar

E-mail Print PDF

 

Empat kelompok dari Unissula berlaga di Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 30 Makassar pada 23-28 Agustus 2017. Keempat kelompok tersebut, masing-masing akan mempresentasikan MIMOYA-WiFi, mikromotor tenaga surya dengan teknologi nirkabel;  KALDIO, perangkat pengusir tikus ramah lingkungan; SEC (Starting Engine Card) berbasis data E-KTP, untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor; serta E-BAY sebagai solusi kemudahan bertransaksi di masa mendatang. Untuk menjadi juara, keempat tim harus berkompetisi dengan kurang lebih 20 tim dari Universitas lain, dalam setiap kelasnya.

“Presentasi seluruh tim bagus-bagus. Data yang disampaikan valid dan lengkap. Pertanyaan dewan juri yang sangat kritis, rata-rata bisa dijawab dengan baik oleh anggota tim”, Gina Rahmanita, sebagai ketua Tim MIMOYA-WiFi, memberikan komentarnya setelah setelah sesi presentasi kelas. Selain penilaian tahap presentasi, dewan juri juga menilai tampilan poster tiap-tiap tim. Dan dari keseluruhan poster yang ditampilkan, tampak sekali bahwa ide dan kreativitas mahasiswa pantas mendapatkan apresiasi tinggi.

Gina menambahkan bahwa ide untuk mengembangkan MIMOYA-WiFi berawal dari keprihatinannya terhadap para sejawat Dokter Gigi yang ditempatkan di daerah terpencil, utamanya yang minim pasokan listrik. Dan sesuai data, prevalensi karies yang cukup tinggi, berada pada wilayah tersebut. Sebagai mahasiswa Kedokteran Gigi, Gina dan rekan-rekan lain yaitu Frida Elisa Azri, Dita Widyaningsih, menggandeng Afandi Amir serta la Ode Muhammad Yusuf, dari Fakultas Teknologi Industri UNISSULA, untuk merakit mikromotor tenaga surya yang tetap dapat dipergunakan meskipun dengan kondisi tanpa listrik, sehingga perawatan pasien dengan karies gigi dapat dilakukan secara optimal.

“Teknologi cerdas untuk Indonesia bebas gigi berlubang”, dengan penuh semangat, seluruh anggota tim MIMOYA-WiFi meneriakkan jargon untuk menutup sesi presentasinya, yang disambut riuh oleh tepuk tangan tim lain. “Presentasinya cukup menarik”, dewan juri pun memberikan apresiasi. Dan dengan semangat membara tersebut, MIMOYA-WiFi berhasil meraih juara presentasi favorit di kelas PKM-KC1, yang sekaligus merupakan prestasi perdana kontingen UNISSULA pada ajang PIMNAS.

Semoga menjadi motivasi bagi adik-adik mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkompetisi, membawa keberkahan bagi institusi tercinta, serta semangat untuk prestasai yang lebih baik di PIMNAS 31 tahun depan. Selamat MIMOYA-WiFi.. Bravo UNISSULA!! (Ariz)

Laporan Tahunan Dekan dan Orasi Ilmiah Dalam Forum Silaturahmi Tahunan FKG UNISSULA Tahun 2017

E-mail Print PDF

Forum Silaturahmi Tahunan FKG UNISSULA merupakan tradisi yang setiap tahun diadakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi yang kali ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama lantai 10 Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang mana dalam acara tersebut disampaikan Laporan Tahunan Dekan  acara tersebut sebagai bentuk laporan dari dekan kepada yayasan YBWSA,  UNISSULA senat FKG UNISSULA,  serta bentuk tanggung jawab kepada publik baik tanggung jawab secara moral maupun spiritual.  drg. suryono memaparkan seluruh capain dalam setiap bidang-bidang di FKG UNISSULA di akhir laporan FKG UNISSULA menyampaikan terimakasih kepada UNISSULA serta Yayasan yang kali ini dihadiri Wakil Ketua Umum YBWSA Drs. H. Tjuk Subchan Sulchan yang telah melaksanakan pembangunan Gedung Rumah Sakit Islam Gigi & Mulut Sultan Agung  di mana pada 12 septermber 2017 akan dilaksanakan louncing Rumah Sakit Islam Gigi & Mulut Sultan Agung . Pada  kesempatan kali ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor II UNISSULA  Dr. Hj. Indri Kartika, M.Si. Akt. C.A beliau dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapakan terimakasih kepada Dekan dan seluruh jajaran atas pencapainnya hingga saat ini beliau juga mengharapkan FKG UNISSULA bisa melaksanakan dengan baik bukan hanya Tridharma Perguruan Tinggi namun Caturdharma yang ke empat adalah Budaya Akademik Islami (BudAI) yang mana BudAI ini sudah menjadi ruh bagi UNISSULA. Dalam Forum Silaturahmi Tahunan FKG juga memberikan kesempatan kepada Dosen yang telah menyelesaikan Studinya untuk melakukan ORASI ILMIAH yang pada kesempatan kali ini diberikan kepada drg. Moh. Yusuf, Sp.Rad.O.M yang telah menyelesaikan studi Spesialis di UNPAD Bandung dengan tema “ Perbedaan Radiografi Cone Beam Computed Tomography 3 Dimension(CBCT 3D) dibanding Panoramik Digital dalam Menilai Kualitas Tulang Mandibula “.

Diakhir acara tersebut FKG UNISSULA memberikan penghargaan kepada Tenaga Pendidik (drg. Ade Ismail AK,Sp.Perio, MDSc, drg. Andina Rizkia Putri Kusuma, Sp.KG, drg. Rahmawati Sri Praptiningsih, MMed.Ed) dan Tenaga Kependidikan (Dedie Nugroho, Siti Rohayati) yang telah terpilih dalam penilaian dari Bidang Penjaminan Mutu FKG UNISSULA atas pengabdian dan dedikasinya kepada FKG UNISSULA serta Memberikan Penghargaan kepada mahasiswa masiswa FKG UNISSULA yang berprestasi kepada Anugrah Dwi Pangestu, Intan Mariani, Arina Zuhaila Amna

Page 5 of 48