You are here

4th Asean plus and Tokushima Joint International Conference

E-mail Print PDF

Call for Abstracts of Poster Presentation

We  would  like  to  announce that  excellent  lectures  and  poster presentations related to oral sciences: biomaterials and  tissue engineering, oral physiological problems, oral health improvement, and  dental nursing and  educational system will be  presented in the  4th  ASEAN plus and  TOKUSHIMA Joint International Conference on “Challenging and Innovation in Oral Sciences”.

This meeting will be taken  place in Bali, Indonesia on Dec 1-3, 2017.  We would be pleased if you recommend a faculty member and  a graduate student in your university as participants and  poster presenters. Researchers from Indonesia, Japan, and  other  Asian  countries  and  world  will attend the  conference  and  all the   participants  will  have   an   excellent  opportunity  to  discuss  their  current knowledge on oral sciences.

We  expect 120  delegates  to attend the  meeting  with  25  scientific  abstracts of

poster presentation. Yours sincerely,

Fumiaki Kawano, Co-Presidents

Dean, Faculty of Dentistry

Tokushima University, Tokushima, Japan

 

Suryono SH, Co-Presidents

Dean, Faculty of Dentistry

Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia

Read more...

Tim MIMOYA-WiFi, Raih Prestasi di PIMNAS 30 Makassar

E-mail Print PDF

 

Empat kelompok dari Unissula berlaga di Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 30 Makassar pada 23-28 Agustus 2017. Keempat kelompok tersebut, masing-masing akan mempresentasikan MIMOYA-WiFi, mikromotor tenaga surya dengan teknologi nirkabel;  KALDIO, perangkat pengusir tikus ramah lingkungan; SEC (Starting Engine Card) berbasis data E-KTP, untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor; serta E-BAY sebagai solusi kemudahan bertransaksi di masa mendatang. Untuk menjadi juara, keempat tim harus berkompetisi dengan kurang lebih 20 tim dari Universitas lain, dalam setiap kelasnya.

“Presentasi seluruh tim bagus-bagus. Data yang disampaikan valid dan lengkap. Pertanyaan dewan juri yang sangat kritis, rata-rata bisa dijawab dengan baik oleh anggota tim”, Gina Rahmanita, sebagai ketua Tim MIMOYA-WiFi, memberikan komentarnya setelah setelah sesi presentasi kelas. Selain penilaian tahap presentasi, dewan juri juga menilai tampilan poster tiap-tiap tim. Dan dari keseluruhan poster yang ditampilkan, tampak sekali bahwa ide dan kreativitas mahasiswa pantas mendapatkan apresiasi tinggi.

Gina menambahkan bahwa ide untuk mengembangkan MIMOYA-WiFi berawal dari keprihatinannya terhadap para sejawat Dokter Gigi yang ditempatkan di daerah terpencil, utamanya yang minim pasokan listrik. Dan sesuai data, prevalensi karies yang cukup tinggi, berada pada wilayah tersebut. Sebagai mahasiswa Kedokteran Gigi, Gina dan rekan-rekan lain yaitu Frida Elisa Azri, Dita Widyaningsih, menggandeng Afandi Amir serta la Ode Muhammad Yusuf, dari Fakultas Teknologi Industri UNISSULA, untuk merakit mikromotor tenaga surya yang tetap dapat dipergunakan meskipun dengan kondisi tanpa listrik, sehingga perawatan pasien dengan karies gigi dapat dilakukan secara optimal.

“Teknologi cerdas untuk Indonesia bebas gigi berlubang”, dengan penuh semangat, seluruh anggota tim MIMOYA-WiFi meneriakkan jargon untuk menutup sesi presentasinya, yang disambut riuh oleh tepuk tangan tim lain. “Presentasinya cukup menarik”, dewan juri pun memberikan apresiasi. Dan dengan semangat membara tersebut, MIMOYA-WiFi berhasil meraih juara presentasi favorit di kelas PKM-KC1, yang sekaligus merupakan prestasi perdana kontingen UNISSULA pada ajang PIMNAS.

Semoga menjadi motivasi bagi adik-adik mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkompetisi, membawa keberkahan bagi institusi tercinta, serta semangat untuk prestasai yang lebih baik di PIMNAS 31 tahun depan. Selamat MIMOYA-WiFi.. Bravo UNISSULA!! (Ariz)

Page 3 of 46