You are here

FKG Unissula: Gigi Sehat, Getasan Tersenyum

E-mail Print PDF

Sebagai institusi pendidikan, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula mempunyai kewajiban, salah satunya adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Sejak berdirinya pada tahun 2008 silam, secara rutin FKG Unissula telah melaksanakan pengabdian masyarakat, dengan sasaran masyarakat Semarang dan sekitarnya, bahkan meluas hingga kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan pelayanan pengobatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, utamanya bagi masyarakat yang belum mampu menjangkau fasilitas kesehatan.

Dan dalam Rangka Forum Silaturahmi Tahunan ini, kembali FKG Unissula melaksanakan pengabdian di desa Batur, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang, yang merupakan desa mitra Unissula. Pada hari Sabtu, 9 Mei 2015 lalu, selain menyediakan sembako murah bagi warga, keluarga besar FKG Unissula juga mengadakan pemeriksaan dan perawatan gig gratis, bertempat di Balai Desa Batur. Penyuluhan kesehatan gigi juga dilaksanakan di SD Batur, sebelum para siswa mendapatkan perawatan oleh tenaga medis yang terdiri dari dosen, dokter gigi spesialis dari Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) Sultan Agung, dibantu mahasiswa jenjang profesi.

Kegiatan yang diketuai oleh drg. Erdianto Setya Wardhana, M.HKes. Ini, dihadiri oleh Dekan FKG Unissula, drg. Suryono, SH, MM., PhD., Direktur RSIGM Sultan Agung, drg. Benni Benyamin, M.Bio.Tek., juga dihadiri oleh Kepala Desa Batur, Radix Wahyuni Yuniariadi, Camat Getasan, Drs. Gustomo Hartanto, serta Kepala Puskesmas Batur, dr. Bagus Panuntun S.A. Dekan FKG Unissula dalam sambutannya menghaturkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat ini, juga berharap bahwa pengabdian masyarakat kali ini dapat berlanjut dan dilaksanakan rutin secara periodik, sehingga bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan gigi dan mulut warga desa Batur secara khusus, serta masyarakat umum lain. Berakhir pukul 13.00, dalam kegiatan kali ini sebanyak 162 pasien berhasil ditangani dengan baik, dengan pilihan perawatan pencabutan gigi, penambalan, atau pembersihan karang gigi. (ARiz)

FKG UNISSULA RAIH PERINGKAT B Akreditasi LAM PTKes-BAN PT

E-mail Print PDF

Semangat dan kerja keras para tim pengisi borang akreditasi yang diketuai drg. Sandy Sp.KGA terbayar dengan dikeluarkannya SK No. 070/SK/BAN PT/Akred/PDGI/II/2015 tertanggal  28 Februari 2015, yang mengukuhkan bahwa Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Studi Profesi Dokter Gigi Universitas Islam Sultan berhasil meraih peringkat Akreditasi B. Reakreditasi yang dilakukan merupakan kebijakan pimpinan yang didukung para dosen dalam rangka peningkatan  kualitas lembaga melalui proses asesmen dengan penggunaan parameter baru LAM PTKes yang lebih detail. Diharapkan dengan hasil akreditasi ini bisa memberikan keleluasaan bagi lulusan untuk bisa bekerja dan atau menempuh pendidikan pada jenjang  yang lebih tinggi pada perguruan tinggi dan lembaga yang berkelas.

"Saya selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam proses akreditasi yang meliputi Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dan jajarannya, Pimpinan Universitas, Fasilitator Pengisian Borang Prof Dr.drg. Armasastra , para asesor TAM PTKes Dr.drg. Titiek Berniyanti, M.Kes, Dr. Chiquita prahasanti, drg., Sp.Perio(K), drg. Diatri Nari ratih, Sp.KG, Ph.D,  pimpinan Fakultas dan Direksi Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung, Jajaran direksi Rumah Sakit Islam Sultan Agung, seluruh tenaga pendidik dan staf kependidikan FKG dan RSIGM SA, semua mahasiswa dan alumni, Rumah Sakit Jejaring, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, PDGI Pengwil Jateng dan semua pihak yang tidak mungkin kami sebutkan satu per satu" tutur Suryono.

Semoga hasil akreditasi ini dapat memberikan kebaikan kepada semua pihak. Bagi pimpinan dan dosen menjadi pendorong untuk terus melakukan  peningkatan pelayanan dan kualitas sebagai pendidik, dan bagi mahasiswa untuk terus semangat belajar, enjoy dan bangga sebagai mahasiswa FKG Unissula. Kepada alumni dapat menjadi bekal dalam mencari pekerjaan dan membanggakan almamaternya, bagi stake holder untuk meningkatkan kontribusi dan kerjasamanya dengan FKG Unissula, dan bagi masyarakat tentunya besar harapan kami bisa menjadi fakultas yang mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat.

Page 2 of 36