Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyelenggarakan Forum Silaturahmi Tahunan & Orasi Ilmiah yang berlangsung di Kampus Unissula Jl. Kaligawe KM. 4 Semarang, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan tahunan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unissula, drg. Suryono, S.H, M.M, Ph.D, Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Tjuk Subchan Sulchan dan Wakil Rektor III Unissula Dr Komaruddin.

Adapun pakar kedokteran gigi yang didaulat menyampaikan orasi ilmiah adalah drg. Sandy Christiono, Sp.KGA, dengan judul “Mekanisme Peningkatan Densitas Pada Amelogenesis Gigi Janin Mencit Dari Induk Mencit Yang Diberi Serbuk Ikan Laut”.

“Disamping itu juga sekaligus merupakan bentuk syukur kami, karena Fakultas Kedokteran Gigi Unissula sudah berhasil mendapatkan Akreditasi A, meskupun FKG Unissula ini usianya masih tergolong muda, tetapi dari sisi prestasinya cukup bagus,”

Sementara itu, drg. Sandy Christiono, Sp.KGA dalam orasinya menyebutkan, bahwa Karies gigi merupakan penyakit gigi yang merusak jaringan gigi terutama enamel. Kerusakan jaringan gigi tersebut disebabkan oleh aktivitas bakteri yang ditandai dengan demineralisasi matriks anorganik yang kemudian merusak matriks organik.

Diungkapkan pula, bahwa tiga faktor utama yang berperan penting penyebab karies adalah mikroorganisme kariogenik, substrat kariogenik dan host atau gigi.

Leave a reply